Cara Membuat Website Desa Menggunakan CMS OpenSID, Offline dan Online

Cara Membuat Website Desa Menggunakan CMS OpenSID, Offline Dan Online

Website desa atau Sistem informasi desa (SID) adalah salah satu elemen penting dalam mendukung transparansi dan akuntabilitas pemerintah desa dalam semua kegiatan dan pengelolaan alokasi dana desa. Pada umumnya pengguna menggunakan OpenSID dalam membuat SID offline dengan Xampp.

Selain itu, mampu memudahkan dan meningkatkan pelayanan pemerintah desa secara cepat dan tepat tehadap segala kebutuhan administrasi masyarakat di desa itu.

Biaya pembuatan website tentu tidak sedikit karena menggunakan jasa layanan IT .

Sedang mencari bagaimana cara membuat website desa dengan mudah dan cepat?

Anda sudah menemukan artikel yang tepat. Melalui artikel ini Anda akan belajar secara lengkap bagaimana cara membuat Sistem Informasi Desa dengan mudah dan cepat.

Cara Membuat Website Desa (SID)

Pada artikel ini, Anda akan mengetahui bagaimana cara membuat SID secara offline dan online menggunakan CMS OpenSID mulai dari nol sampai jadi.

CMS OpenSID Untuk Website Desa

Seperti yang sudah disebutkan pada awal artikel, Anda bisa membuat website tanpa perlu pengetahuan coding sama sekali. Anda tidak perlu menggunakan code HTML, CSS bahkan PHP atau pengetahuan seputar laravel.

Sehingga CMS (Content Management System) adalah pilihan yang tepat. Dengan adanya CMS kamu bisa membuat dan merubah konten website kamu tanpa harus mengerti bahasa pemrograman.

Khusus untuk website SID, CMS OpenSID adalah pilihan yang tepat karena fitur-fiturnya dirancang khusus untuk kebutuhan desa.

Kelebihan OpenSID dari CMS lain antara lain :

  • Mudah diinstal
  • Banyak pilihan Tema
  • Komunitasnya sangat besar dan bersifat open source
  • Ideal untuk individu yang tidak jago IT
  • Update

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat website desa dengan mudah dan cepat tanpa coding menggunakan OpenSID baik offline maupun online

OpenSID Offline Dengan XAMPP

Apabila belum punya domain dan hosting sendiri, Anda dapat mengoperasikan OpenSID secara offline dengan cara menggunakan XAMPP sebagai solusi bagi Anda yang ingin menjalankan web server dan database di localhost komputer.

Itu artinya kalau Anda sudah punya website online, XAMPP membantu Anda membuat versi offline dari website. Semisal Anda sedang mengutak-atik website dan ternyata error, Anda tak perlu khawatir error tersebut muncul di website ketika online.

Download Xampp

Xampp merupakan database storage Engine ini banyak digunakan oleh programmer apalagi oleh web developer karena sifatnya yang free. Kemampuannya bisa diandalkan, mempunyai kapasitas yang cukup mumpuni sekitar 60.000 tabel dengan jumlah record mencapai 5.000.000.000 bahkan untuk yang terbaru sudah lebih.

Selain itu, Keamanan datanya cukup aman walaupun tidak sehebat software lainnya seperti Postgre apalagi Oracle.

Engine ini multiplatform sehingga mampu diaplikasikan pada berbagai sistem operasi.

Kelebihan paling utama engine ini adalah kecepatannya. Olehnya itu. IndoDesa sarankan Anda menggunakan Xampp saja.

Download Xampp terlebih dahulu kemudian install di komputer Anda

Install Xampp

  1. Lakukan instalasi setelah Anda selesai mengunduh. Selama proses instalasi mungkin Anda akan melihat pesan yang menanyakan apakah Anda yakin akan menginstalnya. Silakan tekan Yes untuk melanjutkan instalasi.
OpenSID Offline menggunakan Xampp

2. Klik tombol Next.

3. Selanjutnya akan muncul pilihan mengenai komponen mana dari XAMPP yang ngin Anda instal. Beberapa pilihan seperti Apache dan PHP adalah bagian penting untuk menjalankan website dan akan otomatis diinstal. Silakan centang MySQL dan phpMyAdmin, untuk pilihan lainnya biarkan saja.

4. Pilih folder tujuan XAMPP ingin Anda instal, pada umunya pengguna menginstall direktori C:\xampp.

  1. Pada halaman selanjutnya, akan ada pilihan apakah Anda ingin menginstal Bitnami untuk XAMPP, dimana nantinya dapat Anda gunakan untuk install WordPress, Drupal, dan Joomla seccara otomatis.

Setelah pengistalan selesai, akan muncul notifikasi untuk langsung menjalankan control panel. Silakan klik Finish.

Jalankan Xampp

Untuk memulai istall OpenSID pada Xampp, harap jalankan xampp terlbih dahulu.

Silakan buka aplikasi XAMPP kemudian klik tombol Start pada Apache dan MySQL. Jika berhasil dijalankan, Apache dan MySQL akan berwarna hijau seperti gambar di bawah ini.

Untuk melakukan pengecekan, silakan akses link berikut melalui browser Anda http://localhost.

OpenSID Offline dengan Xampp

Download dan Install OpenSID

Selanjutnya cara membuat website Desa mengguna openSID secara offline menggunakan CMS OpenSID adalah dengan mengunduh OpensID melalui gituhub ( https://github.com/OpenSID/OpenSID )

Extract file kemudian tempatkan pada folder htdocs yang berada di C:\xampp\htdocs.

Copy atau rename folder desa-contoh menjadi desa, dalam folder inilah semua file Anda akan tersimpan.

Buat database

masuk ke phpmyadmin di XAMPP. Caranya, ketik pada browser dengan alamat localhost/phpmyadmin sehingga muncul tampilan seperti berikut ini :

Database OpenSID bisa digunakan untuk Xampp dari Offline ke Online

Pada menu “Database”, silahkan masukkan nama database yang anda inginkan, kemudian klik “Create”.

Selanjutnya menambahkan nama “user” untuk database yang baru saja Anda buat. Silahkan masuk ke database yang sudah Anda buat. Anda bisa menemukannya di bagian sebelah kiri. Setelah itu, klik Nama database tersebut kemudian klik menu “Privileges”. Lanjutkan dengan klik “Add user”.

Import Database

Pada folder OpensiD terdapat file contoh database MySql. file ini dimport ke dalam tabel database yang sudah dibuat sebelumnya.

Mengonlinekan OpenSID

Sebelum mengonlinkan OpenSID, sebaiknya anda terlebih dahulu menyediakan domain dan hosting.

Mohon maaf, Panduan cara membuat website desa masih sedang dalam proses, Kami akan melanjutkannya setelah bahan dan keterangan tersedia. Harap maklum

Jasa Pembuatan Website Desa

Anda bingung dengan tutorial diatas ?, silahkan menggunakan Jasa Pembuatan Website Desa yang akan membantu membangun website SID anda mulai dari Nol.

Domain Desa.ID

Kami membantu Anda untuk mendapatkan domain Desa.ID melalui layanan Kominfo RI dan Pengelolah Domain Indonesia (PANDI),

Layanan Hosting

Tersedia paket layanan hosting yang sesuai dengan dengan kebutuhan website Desa

OpenSID Premiun

Kami menggunakan OpenSID premiun dalam membangun Website Desa Anda. Ada beberapa tambahan fitur dan support selama masa langganan.

Tema OpenSID Premiun

Website Desa Anda akan menggunakan Tema OpenSID Premiun yang akan mempercantik tampilan serta mobile friendly.

Support

Mendapatkan dukungan selama masa langganan layanan seperti Modul panduan dan cara menulis artikel yang baik.

Bagikan

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram

More To Explore