IDM OpenSID HTTP Error 500, Ini Cara Mengatasinya

Status IDM HTTP ERROR 500 pada Aplikasi OpenSID

Apakah Anda memiliki website desa menggunakan Aplikasi OpenSID kemudian Anda membuka Halaman IDM dan melihat layar HTTP Error 500 – Internal Server Error atau HTTP Error 503 ? , berikut artikel cara mengatasinya.

Bagaimana jika website desa Anda yang mengalami hal ini? Anda bisa saja kehilangan pengunjung dan bahkan pelanggan.

Lalu Bagaimana cara mengatasi Halaman IDM HTTP Error 500 atau HTTP error 503 ?

Artikel kali ini, kami akan membahas apa itu HTTP error 500, HTTP error 503, apa yang menyebabkan kedua error ini dan bagaimana cara mengatasinya. Tetapi sebelumnya ayo kita pelajari dulu apa itu HTTP Status Code.

Apa itu HTTP Status Code?

Ketika Anda mengunjungi sebuah website desa, client application akan terhubung dengan web server melalui sebuah protocol jaringan yang disebut HTTP.

Koneksi jaringan ini akan mengirimkan data response dari server ke client termasuk konten halaman situs dan beberapa informasi protocol.

HTTP status codes atau kode status HTTP adalah sebuah kode response standar yang diberikan oleh server website di internet.

Kode-kode ini membantu mengidentifikasikan masalah ketika ada sebuah halaman web atau resource yang tidak termuat dengan benar.

Kata-kata HTTP status code sendiri adalah sebuah istilah yang terdiri dari status kode HTTP dan kalimat alasan error tersebut. HTTP status code juga sering disebut sebagai browser error codes atau internet error codes.

Sebagai contoh, 500: Internal Server Error terdiri dari kode status HTTP 500 dan kalimat alasan error Internal Server Error.

Apa itu HTTP Error 500 ?

HTTP Error 500 adalah sebuah kode status yang mengindikasikan adanya masalah yang belum diketahui penyebabnya pada server website.

Pesan HTTP Error 500 sendiri muncul berbagai cara karena setiap website boleh mengkustomisasi pesan kode status HTTP-nya.

Cara Mengatasi HTTP error 500 Halaman IDM

Bagaimana Anda harus memulai pemecahan masalah HTTP error 500 pada Website Desa Anda ?, Terkadang Anda bahkan mungkin tidak tahu harus mulai dari mana.

Biasanya pada HTTP error 500, kesalahan sebenarnya ada di server itu sendiri, tapi dari pengalaman kami, kesalahan ini berawal dari dua hal, yang pertama adalah kesalahan pengguna (client-side issue), dan yang kedua adalah ada masalah dengan server.

Jadi kita akan membahas sedikit dari kedua sisi ini.

Berikut adala beberapa penyebab umum dan cara memperbaiki HTTP error 500 agar website Anda tidak down lagi dan bisa berjalan dengan baik

Refresh atau muat ulang halaman IDM

Sebelum melangkah lebih jauh, Coba Anda refresh atau muat ulang dulu halaman IDM-nya. bisa dengan cara menekan tombol F5 atau Ctrl + F5.

Kalau cara ini belum berhasil, coba dengan langkah selanjutnya yaitu dengan mengecek database.

Bisa jadi, HTTP error 500 pada halaman IDM terdapat masalah pada database Anda.

Bersihkan Cahce Pada Folder Desa

Jika masih muncul error, coba Anda melakukan pembersihan Cache IDM, caranya buka Folder Desa/ Chace.

Biasanya cahce IDM OpenSID pada folder tercatat seperti ini : idm_2021_7302082.Josn dan lain-lain.

Bersihkan Cache IDM pada Folder Desa

langsung saja dihapus. Pada dasarnya metode ini digunakan ketika Halaman IDM tampil namun IDM tidak sinkron dengan Kemendesa.go.id. Tidak ada salahnya Anda mencoba juga.

Cek atau Repair Database

HTTP error 500 juga bisa terjadi dalam rupa error establishing a database connection. Tergantung dari browser Anda, mungkin pesannya bisa berbeda-beda tetapi error yang satu ini adalah bagian dari kode status HTTP 500. Pastikan Anda Cek database dan melihat data yang error.

Cek database OpenSID untuk mengatasi HTTP Error 500 Status IDM

Caranya, buka Cpanel Hosting Anda kemudian pilih MySQL Database kemudian Check Database, jika ada yang error sebaiknya lakukan repair database.

Cek file .htaccess yang corrupt

Salah satu penyebab halaman IDM Error HTTP Error 500 pada Website Desa Anda adalah karena file .htaccess yang corrupt.

Cara mengecek apakah ada file .htacess corrupt adalah dengan mengganti nama file .htaccess utama Anda menjadi sesuatu seperti .htaccess_lama.

Membuat file htacces yang baru

Kemudian buat .htacess yang baru. Pada umumnya ini menjadi masalah utama pada website yang sudah pernah melakukan migrasi hosting.

Demikian artikel Bagaimana Cara mengatasi HTTP Error 500 pada Halaman IDM khusus pengguna aplikasi OpenSID

Semoga bisa membantu. Apabila masih terjadi Error coba hubungi Kami.

Bantuan

Anda butuh bantuan ? , Kami siap membantu Anda mengatasi masalah Error pada Halaman Status IDM pada aplikasi OpenSID secara gratis, caranya buat Tiket di website Indo media Panrita pilih departemen Support

Bagikan

More To Explore