Rancangan Biaya Pembuatan Website Desa

Anggaran Biaya Pembuatan Website Desa

Banyak pengunjung website yang bertanya berapa anggaran atau biaya pembuatan website desa dan berapa lama waktu pengerjaannya. Olehnya itu IndoDesa membuat tulisan tentang biaya pembuatan website Sistem Informasi Desa.

Sebelum masuk ke penjelasan biaya, Indo Desa menyarankan Pembuatan website sebaiknya diserahkan kepada usaha yang berbadan hukum dan dikerjakan Tim, Bukan perorangan.

Karena tentunya Anda akan menggunakan anggaran Dana Desa untuk membiayai layanan jasa yang akan tercantum ke dalam Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) desa Anda.

Berikut ini adalah penjelasan kebutuhan dan biaya-biaya dalam pembuatan website desa.

Dalam pembuatan website desa tentu terdapatseperti Domain, Hosting / Web server, Script, Tema, Jasa Install, Design, Web Security hingga penambahan fitur dan pelatihan operator dan Jurnalis warga.

Khusus SID, IndoDesa hanya menjelaskan tentang OpenSID.

Biaya Domain Desa.ID

Anda pasti pernah menjumpai istilah domain dan bertanya-tanya, apa itu domain? Domain adalah alamat website. Domain itu sendiri terdiri dari beberapa extension seperti .COM, .NET , ID , OR.ID , DESA.ID, .ORG dan lain-lain.
Berikut contoh domain atau alamat website :

Manyampa.desa.id, Facebook.com, google.com, Indodesa.id, Twitter.com, Wikipedia.id, dan lain-lain.

Domain Desa - Desa.id

Alamat domain inilah mengarahkan Anda atau pengunjung ke suatu website.
Khusus untuk website desa terdapat domain Desa, Kominfo RI sudah menyediakannya dengan extensi domain DESA.ID.
Biaya pembelian domain desa 1 tahun pertama gratis namun apabila langsung order 2 tahun makan dikenakan biaya sebesar Rp.55.000- 

Web Server / Hosting

Setiap website yang Anda buka terdiri dari dua elemen utama: nama domain dan web server oleh penyedia hosting.

Web server adalah mesin fisik tempat menyimpan file dan database website desa Anda lalu menampilkannya kepada para pengunjung situs saat mereka mengakses dan membuka website Anda dari komputer.

Nama domain merupakan alamat website yang diketik pengunjung untuk membuka dan mengakses website Desa Anda. Nama ini mengarahkan web browserke server yangmenyimpan resource website.

Untuk Website Desa sebaiknya menggunakan layanan hosting yang handal, berpengalaman dan sudah terpercaya.

Layanan hosting nantinya akan menjadi ‘rumah’ bagi Website Desa Anda di internet. Tentu perlu ekstra hati-hati sebelum menentukan pilihan. Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan.

Pertama-tama Anda harus mengetahui kebutuhan Anda terlebih dahulu. Kami mengerti bahwa mengetahui kebutuhan sendiri memang terkadang tidak mudah. Saran kami, fokuslah pada apa yang menjadi prioritas Anda terlebih dahulu. Untuk membantu Anda, daftar pertanyaan di bawah ini bisa Anda jadikan acuan.

  1. Platform apa yang nantinya akan Anda gunakan untuk membuat website?
  2. Seperti apakah nantinya konten website Anda? (akankah lebih banyak video, konten gambar dengan resolusi tinggi, ataukah gambar animasi dan sebagainya)
  3. Dari manakah pengunjung website Anda akan datang?
  4. Seberapa sering Anda melakukan dan memerlukan backup data?
  5. Apa saja layanan tambahan yang Anda butuhkan? Jumlah Addon Domain hingga Email Hosting dapat Anda pertimbangkan.
  6. Apakah support 24 jam, live chat dan telepon Anda butuhkan, atau hanya melalui email sudah mencukupi?

Ingat, ini adalah langkah cara memilih web hosting untuk website desa Anda. Poin pertanyaan di atas dapat Anda jadikan acuan dasar sebelum membeli paket hosting.

Beberapa penyedia hosting terbaik di Indonesia seperti IDReg.Net, Niagahoster.co.id, rumahweb.com dan masih lagi yang lainnya.

Dasar-dasar Spesifikasi kebutuhan hosting website Desa

Biaya Hosting Website desa

Berikut beberapa penjelasan singkat tentang spesifikasi kebutuhan Hosting untuk website Desa

  • Web Space atau Disk Quota

Tempat semua file seperti Script OpenSID, gambar, file video akan disimpan. paket web host Saat ini mengusulkan ruang disk yang cukup untuk meng-host situs anda pada anggaran Anda.

  • Database hosting

Hosting database situs web Anda benar-benar sangat penting untuk anggaran Anda. Jika Anda tidak memiliki daya tarik khusus tentang MS-SQL maka Anda harus memilih-MySQL database, karena akan bekerja lebih atau kurang sama dengan database MS-SQL tapi pengeluaran untuk hosting atau server database akan sangat kurang.

  • E-Mail POP3 / IMAP4 Akses

Untuk tampilan profesional Website Desa Anda, Anda perlu account e-mail dari nama domain yang sama dari Anda.  Namun demikian Anda juga bisa menampilkan email resmi dari kominfo dengan extensi mail.go.id.

  • Keamanan Server Web Hosting

Aspek keamanan adalah prioritas utama dalam menentukan spesifikasi kebutuhan hosting, karena ini menyangkut data dan hasil kerja keras Anda. jangan sampai website menjadi korban hacking dari pihak tidak bertanggung

  • Layanan Pelanggan 24 x 7

Hal ini sangat alami untuk menghadapi masalah saat hosting situs Anda atau mungkin kemungkinan server web Anda mungkin sayangnya turun setiap saat. Jadi Anda harus merekrut orang-orang perusahaan web hosting yang akan menjamin dukungan layanan pelanggan 24 / 7 untuk klien mereka.

  • Harga Hosting

Budget server hosting biasa menjadi pilihan pertama untuk pemilik website, ini hal yang wajar karena alangkah baiknya pertumbuhan website dibarengi dengan peningkatan spesifikasi kebutuhan hosting. Untuk Website Desa biasanya menggunakan layanan hosting per tahun.

Cloud Hosting

Hosting dengan jaminan dedicated CPU, RAM, dan Storage untuk project website dan aplikasi yang membutuhkan garansi resource.

Cloud Hosting hadir lebih ekonomis, praktis, dan fleksibel untuk project lebih besar yang membutuhkan space, CPU, dan RAM yang terjamin.

Dengan Cloud menjamin alokasi storage, CPU, dan RAM. Tak ada lagi gangguan dari tetangga yang menggunakan resource berlebihan. selain itu tak perlu membeli lisensi lagi. Semua software terbaik termasuk cPanel & Litespeed sudah termasuk dalam layanan Cloud Hosting.

Website Sistem Informasi Desa tentu membutuhkan storage besar untuk penyimpanan gambar produk serta dedicated CPU & RAM untuk menjamin kecepatan akses.

Biaya hosting untuk Cloud bervariasi tergantung dari Dedicate CPU dan RAM yang anda inginkan, misalnya

CPU 1.5 vCPU, RAM 3B SSD Storage 45GB itu biayanya per bulan capai Rp.705.000 ada juga hanya Rp 120.000 per bulan jadi tergantung kebutuhan dan kemampuan Anggaran Dana Desa Anda.

Script Website Sistem Informasi Desa

Script Website Sistem Informasi Desa ialah data dan kode yang dapat dilihat oleh pengguna karena berupa plain text.

Berbeda dengan yang berbasis pada server, kode dan datanya dirahasiakan. Karena kodenya berada di komputer server maka tidak gampang untuk dilihat ataupun dianalisa. Selain itu sulit untuk dijalankan di komputer client karena proses yang dilakukan banyak dan memakan resource.

Contoh Script Website Sistem Informasi Desa siap pakai seperti OpenSID dan CMS lainnya bisa di beli dan download di internet. IndoDesa banyak menggunakan CMS OpenSID.

OpenSID merupakan open source (terbuka) dan bisa kembangkan secara bersama-sama komunitas openSID. Script bisa didownload di Github dan diinstall di hosting Anda secara gratis.

Khusus untuk OpenSID Premiun bisa menggunakan layanan IndoDesa atau OpenDesa dengan biaya berlangganan Rp.1000.000 per tahun.

Tema

Khusus pengguna openSID, terdapat dua Tema default (bawaan) openSID yang bisa digunakan secara gratis yakni Hakadewa dan Natra.

Tema premiun OpenSID - DeNatra

Namun demikian, tampilan default tentu kurang menarik dibanding dengan tampilan Tema Premiun OpenSID seperti DeNatra dan Hilir.

Harga tema premiun ini Rp.250.000 per website SID dan bisa juga didapatkan melalui IndoDesa.

Custom tema tentu membutuhkan biaya tambahan seperti perubahan ukuran website,warna dan lain-lain.

Jasa Tenaga IT

Bagi pengguna OpenSID yang memiliki kendala menginstall script desain website, setting, maintenance, web Security atau penambahan fitur lainnya, sebaiknya serahkan kepada jasa layanan yang berbadan usaha untuk membantu Anda. Biaya Jasa bervariasi .

Biasanya tergantung dari kesepakatan antara pengguna dengan penyedia jasa. Gambaran umum biasanya biaya jasa ini mencapai Rp 500.000 s/d Rp 1.000.000  per bulan dan ada juga tahunan.

Pelatihan Jurnalis dan Operator

Website SID memiliki fitur artikel berupa informasi kegiatan-kegiatan desa. Desa dituntut lebih informatif dan edukatif terhadap masyarakat melalui media termasuk SID yang dibuatnya.

Pelatihan jurnalis biasa dilakukan oleh organisasi pers atau perusahaan pers dengan tenaga yang berkompeten kemudian diikuti oleh peserta.

Kegiatan Jurnalistik di desa tentu menjadi salah satu penunjang dalam menghidupkan website SID dalam memberikan informasi kepada masyarakat setiap saat.

Operator berfungsi menginfut data dan mengelolah data sesuai dengan data manual .

Pelatihan operator bertujuan dalam menjalankan dan memanfaatkan fitur-fitur SID yang terdapat dalam sistem.

Dari penjelasan diatas, Rancangan Anggaran Biaya (RAB) pembuatan website Desa.

1DomainRp.55.000
2Script OpenSIDRp.1000.000
3TemaRp. 250.000
4Hosting 4GB – 8GBRp. 2.080.000
5Jasa InstallRp. 1000.000
6DesignRp. 1000.000
7Web Security,Maintenance,Penambahan FiturRp.  2000.000
8Pelatihan Jurnalis dan OperatorRp. 2.000.000

Poin 4, tergantung jenis hosting dan space yang digunakan

Poin 5, 6,7 dan 8 tergantung kesepakatan dengan penyedia.

Demikian tulisan Indodesa tentang Biaya Pembuatan Website Desa, semoga bisa membantu Anda dalam penyusuan RAB website desa. Salam sukses selalu.

Bagikan

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram

More To Explore