Redaksi Website Desa, Defenisi, Tugas dan Fungsi

Redaksi Website Desa - Akun tugas dan Fungsi

Pada Dasbor Aplikasi Sistem Informasi Desa terdapat fitur artikel dan beberapa peran pengguna termasuk Redaksi, lantas apakah tugas dan fungsi redaksi pada website desa ? berikut ulasannya.

Apakah Redaksi Website Desa ?

Redaktur ( Redaksi ) Website Desa adalah orang yang bertugas melakukan penyuntingan berita, artikel gambar maupun video sebelum terpublikasi melalui website resmi pemerintah desa.

Cara kerjanya, Redaktur pada umunya menciptakan judul berita.

Ia juga memperbaiki kesalahan ejaan, tanda baca, diksi, serta keterpaduan antar paragraf, dari naskah berita yang ada.

Dasbor Redaksi

Tampilan Dasbor Redaksi dalam mengerjakan tugas-tugas redaktur
Tampilan Dasbor Redaksi

Pada Dasbor aplikasi Website Desa bagi pengguna OpenSID terdapat 5 jenis pengguna seperti Administrator, Operator, Redaksi, Kontributor dan Satgas Covid-19.

Masing-masing akun memiliki hak akses dasbor dan fungsi yang berbeda.

Pada Artikel ini, IndoDesa.ID menjelaskan tugas dan fungsi redaktur website desa.

Tugas dan Fungsi Redaksi

Tugas dan fungsi redaksi website desa

Khusus intansi pemerintah desa, redaksi biasanya mendapatkan informasi atau hasil tulisan dari dari kontributor.

Peran Kontirbutor terdiri dari Pemuda Karang Taruna, TP-PKK, Tokoh Masyarakat, perangkat desa, Pendamping desa hingga masyarakat itu sendiri .

Kontributor melakukan liputan langsung pada setiap kegiatan, seperti melakukan pegambilan gambar, menulis berita acara kegiatan dan lainnya.

Tugas

Selain menciptakan judul dan penyuntingan, berikut beberapa tugas Redaksi Website Desa ;

  1. Melakukan kordinasi dan perencanaan liputan kegiatan
  2. Merekrut kontributor dan membentuk jaringan informasi
  3. Membangun kerja sama dengan semua elemen masyarakat dana memperoleh informasi yang cepat dan akurat.

Fungsi

Berikut beberapa tugas dan Fungsi Redaksi Website Desa

  1. Bertanggungjawab terhadap isi redaksi Website.
  2. Bertanggungjawab terhadap kualitas produk artikel atau berita Website desa
  3. Memimpin rapat redaksi bersama kontributor
  4. Mengedukasi atau memberikan arahan kepada semua kontributor
  5. Menentukan layak tidaknya suatu berita dan foto untuk ditayangkan dalam Website.
  6. Mengadakan koordinasi dengan setiap bagian untuk mensinergikan isi website.

Struktur Redaksi

Kalau dalam perusahaan pers, redaksi berwewenang penuh dalam memberikan izin ataupun menolak penerbitan suatu berita.

Jadi khusus untuk berita mutlak menjadi tanggung jawab dari redaksi. Bukan urusan bagian iklan, personalia atau percetakan.

Struktur redaksi pada perusahaan pers pada umumnya terdiri atas pemimpin redaksi, redaktur pelaksana (redaktur eksekutif), redaktur, asisten redaktur, koordinator liputan/reportase, dan reporter.

Namun pada website desa, struktur redaksinya hanya terdiri dari Redaktur dan Kontributor.

Akun Redaksi

Untuk bisa akses ke dalam dasbor website sebagai redaksi, redaktur harus memiliki akun pengguna.

Administrator mempunya hak akses penuh untuk menerbitkan akun pengguna redaktur dan kontributor.

Bagikan

More To Explore